Kamis, 30 November 2017

Wisata Pantai Puger Jember,Jawa Timur.





Wisata Pantai Puger Jember,Jawa Timur


    Pantai Puger 35 km arah barat laut Kota Jember dikenal sebagai tempat pelelangan ikan, akan tetapi Pantai Puger juga mempunyai keindahan yang sangat menarik dengan deburan ombak yang besar dapat pula digunakan untuk berselancar oleh penduduk setempat. Salah satu keunikan di pantai ini sebagai tempat terselengggaranya acara ritual yaitu “Larung Sesaji” acara tradisi pelarungan sesaji oleh masyarakat setempat sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang diberikan.
   Yang tidak kalah menariknya bersebelahan dengan Pantai Puger terdapat Pantai Kucur .Wisatawan dapat melihat segerombolan Kera Merah yang suka bercanda dengan wisatawan apalagi melihat membawa buah-buahan atau makanan, konon ada cerita Kera Merah tersebut tidak boleh disakiti apalagi dibunuh karena akan mendatangkan malapetaka. Apabila wisatawan akan menuju ke Pantai Kucur dapat menggunakan Sampan yang disediakan oleh masyarakat setempat,dengan waktu 10 menit.
Wisata Pantai Puger Jember,Jawa Timur.


Di Pantai Puger banyak cerita, mulai dari cerita Mbah Puger sebagai penjaga Pantai Puger hingga lelaku sebagian orang di kawasan Pantai Kucur. Juga ada kepercayaan, dimana sesajen itu berhenti, di situlah ikan-ikan banyak berkumpul.
Pagi itu, Pantai Puger mendung membuat sinar sang surya padam, namun, kepopuleran salah satu obyek wisata bahari Kabupaten Jember saat itu sedang menyuguhkan pemandangan lain. Perahu-perahu nelayan dengan segala aktivitasnya menjadi pemandangan menarik tersendiri.
Pantai Puger bagaikan muara, segala jenis sampah terdampar di tepian pantai ini. Bagi wisatawan hal itu tentu bukan pemandangan yang bagus. Tapi bagi seba­gian masyarakat di Kecamatan Puger, bisa berarti lain. Mereka dapat mencari rejeki di sampah-sampah yang berserakan itu.
Pantai Puger yang terletak + 25 Km dari Kecamatan Ambulu, sebenarnya menjadi surga bagi orang yang suka memancing. Di pantai ini juga terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan) yang menjual ikan hasil tangkapan nelayan. Tidak heran, jika pantai Puger menjadi titik temu antar nelayan. “Banyak nelayan luar Puger sandar di sini. Seperti nelayan dari Madura, Probolinggo dan Kalimantan,” ucap Hafid (36), nelayan setempat.
Selain menjadi surganya pemandng, Pantai Puger juga dijadikan tempat wisa­ta bagi masyarakat setem­pat maupun sekitar Ambulu. Daya tarik wisatanya ter- letak di sekitar Pantai Puger, baik dari Cagar Alam Puger Watangan maupun pesona sumber air Kucur di Pantai Kucur. Dan yang utama, Pantai Puger juga merupakan gerbang keluar menuju Cagar Alam Pulau ‘ Nusa Barong.
Hafid juga mengatakan, selain Pantai Puger dijadikan tempat wisata, tradisi larung sesaji yang diadakan setiap tahunnya pada saat. Sura tiba juga menjadi andalan wisata Puger. “Tapi Larung Sesaji bukan semata-mata untuk menarik wisatawan untuk singgah di Puger Iho, Mas. Melainkan sebagai rasa syukur kepada Tuhan atas rezeki yang diberikan kepa­da para nelayan Puger,” terangnya.
Wisata Pantai Puger Jember,Jawa Timur.




   Di sekitar pantai Puger juga terdapat tempat pelelangan ikan,anda juga bisa melakukan kegiatan memancing di pantai ini.anda juga bisa melihat cagar alam Puger Watangan yang lokasinya berada di sekitar kawasan Pantai Puger,dengan pesona sumber air kucurnya.

di sini saya sudah mencerikan tentang wisata pantai puger yang ada di jember,jawa timur ini.semoga bermanfaat buat anda yang membacanya.siapa tahu anda semua tertarik untuk datang ke lokasi pantai puger ini.makasih atas perhatiannya.maafkan saya jika ada salah kata dalam penulisan ini iya sobat.

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan segan-segan melihat blog terbaik yang saya buat